MENARIK !!! PROSES OPERASI GIGI BUNGSU

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :




Kenapa Gigi Bungsu Baru Tumbuh di Usia Dewasa?
Gigi bungsu yang impaksi
Tumbuhnya Gigi geraham ketiga (gigi bungsu) pada setiap orang akan berbeda-beda. Gigi bungsu akan tumbuh di usia sekitar 17-21 tahun. Namun, tumbuhnya gigi bungsu ini tidak selalu sempurna. Gigi bungsi dapat tumbuh miring ke arah yang berbeda-beda. Gigi geraham bungsu juga dapat terjebak di dalam gusi. Pertumbuhan gigi bungsu yang tidak semestinya dan menyebabkan rasa sakit disebut dengan impaksi gigi.





Secara umum, ada tiga jenis obat bius yang digunakan dokter ketika melakukan prosedur bedah. Tergantung pada seberapa rumitnya impaksi gigi Anda, berikut jenis-jenis obat bius yang digunakan saat operasi gigi geraham bungsu. Operasi impaksi gigi adalah prosedur mencabut gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak wajar guna mencegah munculnya potensi masalah di masa depan. Sebelum operasi impaksi gigi, dokter akan menyuntikan obat bius di area gusi yang bermasalah. Obat bius ini akan membuat gusi menjadi kebas atau mati rasa, sehingga Anda tidak akan merasa sakit selama prosedur berlangsung. Berikut jenis anastesi yang digunakan:
  1. Anestesi lokal diberikan dengan cara menyuntikkan satu atau lebih suntikan pada titik dekat gigi yang akan dicabut. Anda akan tetap terjaga selama proses pencabutan. Walaupun Anda akan merasakan tekanan dan pergerakan, Anda tidak akan merasakan rasa nyeri selama operasi impaksi gigi. 
  2. Anestesi sedasi diberikan melalui suntikan di lengan Anda. Anestesi ini akan menekan kesadaran Anda, sehingga Anda memiliki memori yang terbatas selama proses pencabutan. Anda pun tidak akan merasakan nyeri selama operasi impaksi gigi.
  3.  Anestesi general diberikan pada situasi yang mendesak. Anda mungkin akan menghirup obat melalui hidung dan atau mendapatkan suntikan di lengan. Ketika diberikan anestesi ini, Anda akan hilang kesadaran tidak merasakan sakit. Tim dokter Anda akan memonitor pengobatan, pernapasan, temperatur, cairan dan tekanan darah. 
Setelah diberikan obat bius, dokter akan menyayat gusi Anda. Lalu dokter akan mengangkat bagian tulang rahang yang menghalangi pertumbuhan gigi geraham bungsu. Saat gigi berhasil dicabut, Anda akan mengalami perdarahan. Perdarahan ini adalah hal yang normal dan akan cepat mereda.

Selanjutnya dokter akan menutup luka sayatan dengan jahitan dan lubang bekas gigi dengan kain kasa. Dokter biasanya akan meminta pasien untuk menggigit kain kasa tersebut selama satu jam supaya gumpalan darah terbentuk di bekas lubang gigi yang dicabut. Jika Anda mendapat anestesi sedasi dan general, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan setelah operasi. Jika hanya lokal anestesi, Anda bisa langsung pulang selesai operasi. Biasanya perawatan yang dilakukan setelah operasi adalah rawat jalan. Anda bisa pulang ke rumah di hari yang sama setelah menjalani operasi gigi geraham bungsu. Namun, semua tergantung pada seberapa rumit impaksi gigi Anda. Ada pasien yang harus menjalani rawat inap karena mengalami beberapa kendala. 

 DAFTAR PUSTAKA 

Risky Candra Swari.2019.Operasi Gigi Bungsu. Hello Sehat. https://hellosehat.com/kesehatan/operasi/operasi-impaksi-gigi-geraham-bungsu/. diakses pada 09.09.2019 pukul 19:42

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :