PKN IPC 2019, MENGABDI BERSAMA TEMAN LINTAS JURUSAN

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

Foto bersama, Mahasiswa PKN IPC 2019 dengan Unit
UPPM Poltekkes Kemenkes Semarang
 
Praktek Kerja Nyata Inter Profesional Collaboration (PKN IPC) 2019 di Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang dilaksanakan pada tanggal 17 Juni sampai 7 Juli 2019, kegiatan ini memiliki tujuan sebagai proses pembelajaran di lapangan bagi mahasiswa dalam mengkolaborasikan berbagai disiplin ilmu dan sekaligus sebagai wahana pemberdayaan kesehatan keluarga. Skema ini direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis dan terpadu berdasarkan permasalahan yang digali dari keluarga, dirumuskan dan dilaksanakan bersama keluarga. Dari kegiatan ini diharapkan dapat memacu kemampuan keluarga dalam mengenali masalah, pengembangan diri dan lingkungannya sehingga kualitas hidup, kesehatan dan kesejahteraannya meningkat.

   Program PKN IPC Poltekkes Kemenkes Semarang dengan tema “Masyarakat Sehat Mandiri dengan Pendekatan One Team One Family” merupakan bentuk perwujudan visi dan misi Poltekkes Kemenkes Semarang dalam menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi - khususnya di bidang Pengabdian Masyarakat. Melalui Program ini diharapkan dapat meningkatkan empati, kepedulian, kerjasama mahasiswa dari berbagai latar belakang keilmuan dengan pendekatan kolaboratif untuk peningkatan kualitas hidup keluarga dan masyarakat serta mendorong terciptanya learning community.

    PKN IPC 2019 mengkolabrasikan beberapa Prodi yang ada di lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang, diantaranya : Prodi D-IV Keperawatan Gigi Semarang, D-IV Gizi, D-IV Keperawatan Semarang, D-IV Keperawatan Magelang, D-IV Kebidanan Semarang, D-IV Kebidanan Magelang, D-IV Kesehatan Lingkungan Purwokerto, dan D-IV Teknik Radiologi Semarang. Pelaksanaan program ini merupakan bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. Bersama dengan masyarakat, diharapkan mahasiswa secara langsung dapat mengidentifikasi serta menangani masalah kesehatan dan lingkungan yang terjadi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk membantu menyelesaikan persoalan pembangunan kesehatan di daerah dilakukan secara kolaboratif dari berbagai jenis latar belakang pendidikan kesehatan dengan pendekatan “One Team One Family”.
Kegiatan One Team One Family


      Kegiatan PKN IPC ini diharapkan dapat menjadi kegiatan civitas akademika Poltekkes Kemenkes Semarang dalam membantu memberikan solusi terhadap permasalahan kesehatan masyarakat pedesaan dan dapat menjadi suatu kegiatan yang berkesinambungan dan berkelanjutan dalam pemberdayaan kesehatan masyarakat desa. Oleh karena itu perlu ada suatu mekanisme pengaturan dan koordinasi kegiatan pengabdian masyarakat yang terstruktur dan berkesinambungan oleh institusi Poltekkes Kemenkes Semarang sehingga luaran dan dampak yang dihasilkan dapat lebih baik dan lebih dirasakan oleh masyarakat luas.


Daftar Pustaka

  • Marsum, BE, S.Pd, MH, dkk. 2019. Buku Panduan Materi Praktek Kerja Nyata Interprofesional Colaboration. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik kesehatan kemenkes Semarang: Semarang.
  • Marsum, BE, S.Pd, MH, dkk. 2019. Buku Petunjuk Teknis Praktek Kerja Nyata Interprofesional Colaboration. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik kesehatan kemenkes semarang: Semarang

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :